You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Baok
Desa Baok

Kec. Ciwaru, Kab. Kuningan, Provinsi Jawa Barat

Pencari Bercak Kusta

Administrator 27 September 2023 Dibaca 15 Kali
Pencari Bercak Kusta

BAOK, YR-

TIM Penggerak PKK dibantu dengan Bidan Desa, Sedang mengadakan Sosialisasi serta melakukan pengecekan Bercak terhadap. masyarakat. 

Dikenal hampir 2.000 tahun sebelum Masehi, hingga kini lepra atau kusta belum bisa dieliminasi. Padahal, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menargetkan dunia bebas kusta pada 2020. Bahkan, target Indonesia bebas kusta pada 2019.

Kusta adalah penyakit kronis yang disebabkan Mycobacterium leprae. Kuman diidentifikasi pertama kali oleh dr Gerhard Handsen dari Norwegia pada 1873. Penyakit ini menyerang kulit, saraf tepi, mukosa saluran pernapasan atas, dan mata. Kusta menular melalui percikan cairan dari hidung dan mulut dalam kontak dekat serta waktu lama dengan penderita yang tidak diobati.

Masa inkubasi bakteri 40 hari sampai puluhan tahun hingga gejala tampak. Sebenarnya, kusta tak mudah menular. Sebagian besar (95 persen) manusia kebal terhadap kusta, hanya 5 persen yang tertular.

Kusta bisa disembuhkan dengan terapi kombinasi obat (multidrug therapy). Sebaliknya, jika tidak diobati, kusta bisa menyebabkan kerusakan permanen pada kulit, saraf, anggota tubuh, dan mata. Sejak 1995, WHO memfasilitasi penyediaan obat gratis. Di WHO merekomendasikan kombinasi rifampicin, clofazimine, dan dapsone, masa pengobatan satu tahun. Kusta basah berupa bercak putih kemerahan tersebar di sebagian besar kulit tubuh, pembengkakan pada bercak, kerusakan banyak saraf tepi, dan hasil pemeriksaan bakteriologis positif. Kusta ini sangat mudah menular.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image